ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. Y DENGAN GANGGUAN HARGA DIRI RENDAH DI RUANG PERKASA RUMAH SAKIT JIWA DAERAH Dr. RM SOEDJARWADI
KLATEN
Disusun dan Diajukan untuk Memenuhi Tugas Individu
Mata Kuliah Praktik Keperawatan Jiwa
Dosen Pembimbing:
Ahmad zakiudin, S.KM
Disusun Oleh:
OCTRI DIAN ALFIYANA
NIM: 011.031
AKADEMI KEPERAWATAN AL HIKMAH 02
BENDA SIRAMPOG BREBES
2013
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan praktik keperawatan klinik jiwa dengan judul “Asuhan Keperawatan Pada Tn. Y Dengan Gangguan Konsep Diri : Harga Diri Rendah di Ruang Perkasa RSJD DR. RM SOEDJARWADI” pada tanggal 11 Januari 2013
Telah mendapat persetujuan dan disahkan oleh pembimbing, pada :
Hari : Jum’at
Tanggal : 18 januari 2013
Mengetahui,
Pembimbing Klinik Pembimbing Akademik
Purnomo, S.Kep Ahmad Zakiudin, S.KM
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang memberi banyak kenikmatan, rahmat serta karunia sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Asuhan Keperawatan Pada Tn. Y dengan Gangguan Konsep Diri : Harga Diri Rendah di Ruang Perkasa Rumah Sakit Jiwa Daerah DR. RM SOEDJARWADI KLATEN”.
Ungkapan terimakasih penulis sampaikan, kepada :
K.H.Sholahudin Masruri, S.Pd.I selaku pengasuh Pon Pes Al Hikmah 2,
Purnomo, S. Kep, selaku pembimbing klinik
Seluruh perawat di RSJD Klaten
Direktur Akper Al Hikmah 02
Dosen Pembimbing Akademik
Ibu, Bapak, serta seluruh keluarga yang telah memberi motifasi
Teman baru dan teman-teman senasib yang telah memberi semangat
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan selalu dinantikan. Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dengan segala kesederhanaannya dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Benda, 21 Januari 2013
Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Tujuan Penulisan
Metode Penulisan
BAB II : LAPORAN PENDAHULUAN
Masalah Utama
Proses Terjadinya Masalah
Pohon Masalah
Masalah Keperawatan
Diagnosa Keperawatan
Rencana Tindakan Keperawatan
BAB III : TINJAUAN KASUS
Pengkajian
Keluhan Utama
Alasan Masuk
Faktor Predisposisi
Pemeriksaan Fisik
Psikososial
Status Mental
Kebutuhan Persiapan Pulang
Mekanisme Koping
Masalah Psikososial Dan lingkungan
Aspek Medik
Masalah Keperawatan
Pohon Masalah
Diagnosa Keperawatan
Analis Data
Rencana Keperawatan
Implementasi Dan Evaluasi Keperawatan
BAB IV : PENUTUP
Kesimpulan
Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Kesehatan jiwa merupakan suatu kebutuhan tiap individu yang sangat penting. Oleh karena itu kesehatan jiwa harus juga diperhatikan. Selain hal ini merupakan peran petugas kesehatan, tetapi merupakan hal yang menuntut adanya keselarasan dan kerja sama dari berbagai pihak selain individu itu sendiri, keluarga maupun lingkungan.
Dari berbagai masalah kesehatan jiwa, gangguan konsep diri dengan harga diri rendah banyak mengiringi penyakit-penyakit gangguan jiwa. Bila hal ini terjadi, terkadang dapat menimbulkan dampak yang buruk pada diri pasien sendiri maupun orang lain di sekitarnya. Oleh karena itu kami mencoba untuk melakukan Asuhan Keperawatan Pada Tn. Y Dengan Gangguan Konsep Diri : Harga Diri Rendah agar mengalami perubahan yang di harapkan
TUJUAN PENULISAN
Tujuan khusus
Tujuan utama dari penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Keperawatan jiwa
Tujuan umum
Menerapkan teori dan lebih menekankan dalam mempraktekan proses keperawatan yang terdiri dari pengkajian, perencanaan, tindakan dan evaluasi
Dapat mengetahui cara merawat klien dengan isolasi sosial
METODE PENULISAN
Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah
Wawancara : Dilakukan pada pada klien, keluarga klien dan perawat ruangan
Observasi : Pengamatan pasien selama proses keperawatan
Perpustakaan : Catatan medis dan mata kuliah keperawatan jiwa
BAB II
KONSEP DASAR
MASALAH UTAMA
Gangguan konsep diri : Harga Diri Rendah
PROSES TERJADINYA MASALAH
Pengertian
Haraga diri adalah penilaian individu tentang nilai personal yang diperoleh dengan menganalisa seberapa baik perilaku seseorang sesuai dengan diri sendiri tanpa syarat, walaupun melakukan kesalahan, kekalahan dan kegagalan, tetap merasa sebagai seseorang yang penting dan berharga.
Harga diri rendah adalah evaluasi diri dan perasaan tentang diri sendiri atau kemampuan diri yangnegatif yang dapat secara langsung atau tidak langsung diekspresikan. (Towsend, 1998).
Harga diri rendah adalah menolak dirinya sebagai sesuatu yang berharga dan tidak dapat bertanggung jawab atas kehidupan sendiri, gagal menyesuaikan tingkah laku dancita – cita. (Fk.UNDIP , 2001 )
Kesimpulan harga diri rendah adalah perasaan negatif terhadap diri sendiri, hilang percayaan diri, harga diri serta menolak dirinya. Tidak dapat bertanggung jawab atas kehidupan sendiri serta gagal dalam menyesuaikan tingkah laku dan cita-cita.
Tanda-tanda klien dengan harga diri rendah adalah :
Perasaan malu terhadap diri sendiri adalah akibat penyakit dan akibat tindakan terhadap penyakit.
Rasa bersalah terhadap diri sendiri
Merendahkan martabat
Gangguan hubungan sosial seperti menarik diri
Percaya diri kurang
Menciderai diri
(Stuart dan Sudden ; 1998, hal 230)
Faktor-faktor
Faktor predisposisi
Penolakan orang tua
Harapan orang tua yang tidak realistis
Kegagalan yang berulang kali
Kurang mempunyai tanggung jawab personal
Ketergantungan kepada orang lain
Ideal diri tidak realistis
Faktor presipitasi
Citra tubuh yang tidak sesuai
Keluhan fisik
Ketegangan peran yang dirasakan
Perasaan tidak mampu
Penolakan terhadap kemampuan personal
Perasaan negatif mengenai tubuhnya sendiri
POHON MASALAH
Isolasi Sosial = Menarik diri
MASALAH KEPERAWATAN
Isolasi Sosial : Menarik diri
Data :
Apatis (acuh terhadap lingkungan)
Komunikasi verbal menurun atau tidak ada. Klien tidak bercakap-cakap dengan klien lain atau perawat
Mengisolasi diri (menyendiri)
Tidak atau kurang sadar dengan linkungan sekitarnya
Menolak hubungan dengan orang lain
Aktifitas menurun
Harga diri rendah
Gangguan konsep diri : Harga diri rendah
Data :
Malu terhadap diri sendiri akibat penyakit
Rasa bersalah terhadap diri sendiri
Merendahkan martabat
Gangguan hubungan sosial : menarik diri
Percaya diri kurang
Menciderai diri
DIAGNOSA KEPERAWATAN
Isolasi sosial : Menarik diri berhubungan dengan harga diri rendah
Gangguan konsep diri : Harga diri rendah berhubungan dengan koping individu tidak efektif
RENCANA KEPERAWATAN
Isolasi sosial : Menarik diri berhubungan dengan harga diri rendah
Tujuan umum
Klien tidak menarik diri dan mampu berhubungan dengan orang lain secara optimal
Tujuan khusus
TUK 1 : Klien dapat membina hubungan saling percaya
Kriteria hasil
Ekspresi wajah bersahabat, tidak acuh, ada kontak mata, mau berjabat tangan, mau menyebutkan nama, mau bercakap-cakap dan mengutarakan masalah yang dihadapi
Intervensi
Bina hubungan saling percaya dengan mengungkapkan prinsip hubungan therapeutik
Sapa klien dengan ramah baik verbal maupun non verbal
Perkenalkan diri dengan sopan
Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggialan yang disukai klien
Jelaskan tujuan pertemuan
Jujur dan menepati janji
Selalu kontak mata selama interaksi
Tunjukan sikap empati dan penuh perhatian pada klien
TUK 2 : Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
Kriteria hasil
Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
Intervensi
Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien
Bantu klien mengekspresikan dan menggambarkan perasaan serta pikirannya
Tekankan bahwa kekuatan untuk berubah tergantung pada klien sendiri
Identifikasi stresor yang relevan dan penilaian klien terhadap stresor tersebut
Dukung kekuatan, ketrampilan dan respon koping yang efektif
Utamakan memberi pujian therapeutik
Tingkatkan keterlibatan keluarga dan kelompok untuk memberikan dukungan untuk mempertahankan kemajuan dan perkembangan klien
TUK 3 : Klien dapat menilai kemampuan yang digunakan
Kriteria hasil
Klien menilaim kemampuan yang digunakan
Intervensi
Diskusikan dengan klien kemampuan yang masih dapat digunakan
Dukung kekuatan, ketrampilan dan respon koping yang adaptif
Utamakan memberi pujian therapeutik
Libatkan keluarga dalam perawatan klien
TUK 4 : Klien dapat merencanakan kegiatan harian
Dukung klien untuk merencanakan kegiatan harian
Rencanakan kegiatan bersama klien, aktivitas yang dapat dilakukan setiap hari sesuai kemampuan (kegiatan sendiri, kegiatan dengan bantuan sebagian, kegiatan dengan bantuan total)
Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien
Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang boleh dilakukan
Libatkan keluarga dalam perawatan klien
TUK 5 : Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kondisi dan kemampuannya
Kriteria hasil
Klien melakukan kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuannya
Intervensi
Beri kesempatan pada klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan
Beri pujian atas keberhasilan klien
Beri dukungan yang sesuai dan positif untuk mempertahankan kemajuan dan pertumbuhannya
Libatkan keluarga dalam perawatan klien
TUK 6 : Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada
Kriteria hasil
Klien memanfaatkan sistem pendukung yang ada
Intervensi
Berikan pendidikan kesehatan kepada keluarga tentang cara merawat klien dengan harga diri rendah
Bantu keluarga memberi dukungan selama klien dirawat
Bantu keluarga menyiapkan lingkungan di rumah sesuai dengan keadaan klien
STRATEGI PELAKSANAAN KEPERAWATAN
Pertemuan : Ke-I (satu)
Mendiskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki pasien, membantu pasien menilai kemampuan yang masih dapat digunakan membantu pasien memilih atau menetapkan kemampuan yang akan dilatih, melatih kemampuan yang telah dipilih dan menyusun jadwal pelaksanaan kemampuan yang telah dilatih dalam rencana harian.
Orientasi :
- Salam terapeutik : “Assalamu’alaikum,
- Validasi : bagaimana keadaan Tn. Y, hari ini? Tn. terlihat segar ”
- Kontrak :
Topik :“Bagaimana, kalau kita bercakap-cakap tentang bagaimana cara membina hubungan saling percaya? Tn. Bisa menyebutkannya.?nanti setelah itu kita lakukan bersama.”
Tempat :“Tn. mau kita bicara dimana? Bagaimana kalau di ruang tamu? Berapa lama?
Waktu : “ Bagaimana kalau 15 menit?
Kerja :
“Tn. Y, apa saja cara membina hubungan saling percaya Tn.? Bagus, apa lagi? Apa saja yang Tn. Lakukan selain itu yang biasa Tn. lakukan? Bagaimana dengan berjabat tangan? Menanyakan nama? Menanyakan alamat……..dst.”. “Wah, bagus sekali ada lima cara untuk membina hubungan saling percaya yang Tn. lakukan.”
“Tn. Y, dari lima cara ini, yang mana yang Tn. bisa lakukan di rumah sakit? Coba kita lihat, yang pertama bisakah, yang kedua……sampai yang kelima (misalnya masih tiga yang masih bisa dilakukan). Bagus sekali masih ada tiga cara yang masih bisa lakukan di rumah sakit ini.
“Sekarang, coba Tn. Y pilih satu cara yang bisa dilakukan di rumah sakit ini”. “O, ya nomor satu,berjabat tangan? Kalau begitu, bagaimana kalau sekarang kita berlatih berjabat tangan Tn.”. Mari kita lakukan dengan saya Tn. Y. coba, sudah bisa kan berjabat tangan / memperkenalkan diri?”
“Nah kalau kita mau berjabat tangan, mari kita dekati orang yang ingin Tn. ingin berjabat tangan dan memperkenalkan diri. Bagus! Sekarang duduk berdampingan, ya Bagus! Nah sekarang kita ucap salam, ya Bagus! Sekarang kita sebut nama dan alamat. ya bagus!.”
“Tn. Y sudah bisa berjabat tangan dan memperkenalkan diri dengan baik sekali. Sekarang bedakan dengan sebelum Tn. mengenalinya? Bagus!”
Terminasi :
Evaluasi Subjektif
“Bagaimana perasaan Tn. Y setelah bercakap-cakap dan berjabat tangan / memperkenalkan diri? Yah, Tn. ternyata banyak yang dapat dilakukan di rumah sakit ini. Salah satuny memperkenalkan diri, yang sudah Tn. praktekan dengan sekali.
Evaluasi Objektif
“Klien mampu duduk berdampingan,menjawab salam, danmenyebutkan nama.”
Rencana tindakan lanjut
”Bagaimana kalau kegiatan itu Tn. lakukan selama disini dan nanti kegiatan tersebut tetap Tn. lakukan dirumah, kalau begitu kita buat jadwalnya saja ya Tn?biar Tn. tidak lupa.
Kontrak
Topik : “Besok kita akan membicarakan tentang kemampuan dan aspek positif yang Tn. miliki.
Tempat : “Tn mau kita berbincang – bincang dimana.?
Waktu : “Mau berapa lama Tn.?”bagaimana kalu 15 menit?setuju?“ sampai jumpa ya”
STRATEGI PELAKSANAAN KEPERAWATAN
Pertemuan : Ke-2 (Dua)
Melatih pasien melakukan kegiatan lain yang sesuai dengan kemampuan pasien
Orientasi :
Salam theraupetik : “Assalammua’alaikum,
Validasi :“ Bagaimana perasaan Tn. Y pagi ini? Apakah masih ingat tentang apa yang kita lakukan kemarin?Bagus! Coba diulang lagi? Bagus sekali!
Kontrak :
Topik :“Sekarang kita akan lakukan kegiatan kedua. Masih ingat apa kegiatan itu Tn?”
“Ya banar, kita akan membicarakan kemampuan dan aspek positif yang Tn. miliki.”
Tempat :“Bagaimana kalau kita bicara ditaman?.”
Waktu :“Bagaimana kalu 15 menit?.”
Kerja :
“Tn. Y, tadi telah mengungkapkan hal hal yang dapat Tn. lakukan?, masih ada yang lain? Sekarang kita coba pilih kemampuan bapak yang dapat Tn. lakukan disini.”.
Terminasi :
- Validasi Subjekti :
“Bagaimana perasaan Tn. setelah tahu dan mencoba kegiatan yang dapat Tn. lakukan disini? Bagus!”
- Validasi Objektif :
“Klien sudah mampu melakukan beberpa aspek positif yang dimiliki”
- Rencana tindakan lanjut :
“Saya harap Tn. mau mencoba melakukan kegiatan selama disini.”
- Kontrak :
Topik :“Tn. pertemuan ini sampai disini dulu, besok kita mengobrol lagi dengan keluarga apabila datang.”
Tempat : “Bagaimana kalau diruang tamu saja?”
Waktu :“Biasanya keluarga Tn. jenguk jam berapa? Baiklah kita diskusikan nanti ya. Sampai jumpa.”
BAB III
TINJAUAN KASUS
ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. Y DENGAN GANGGUAN HARGA DIRI RENDAH DI RUANG PERKASA RUMAH SAKIT JIWA DR. SOEDJARWADI
DAERAH KLATEN
Tanggal Pengkajian : 11 Januari 2013
Tanggal Masuk : 05 November 2012
Ruang : Perkasa
PENGKAJIAN
Identitas Klien
Nama : Tn. Y
Umur : 31 Tahun
Alamat : Klaten
Status Perkawinan : Belum Menikah
Agama : Islam
Suku/Bangsa : Jawa / Indonesia
Pendidika : SMP
Pekerjaan : Petani
No. CM : 01xxxx
Penanggung Jawab
Nama : Ny. P
Hubungan dengan Klien : Ibu Kandung
Alamat : Klaten
KELUHAN UTAMA
Klien mengatakan disuruh ibunya untuk melanjutkan berobat, sering menyendiri dikamar, bicara sedikit, sulit komunikasi.
ALASAN MASUK
2 bulan sebelum masuk RSJ klien sering menyendiri, membakar barang, bicara sedikit, sulit kominikasi, bicara sendiri dan sulit tidur.
FAKTOR PREDISPOSISI
Klien pernah mengalami gangguan jiwa ±3 tahun yang lalu, pernah rawat jalan di RSJD.SOEDJARWADI KLATEN.
Kontrol tidak rutin, pengobatan kurang berhasil
Klien mengatakan bahwa didalam keluarganya tidak ada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa.
Klien mempunyai pengalaman masalalu yang tidak menyenangkan yaitu ia jatuh dari sepeda.
PEMERIKSAAN FISIK
Tanda – tanda vital :
Tekanan darah : 130/80 mmHg
Nadi : 84 x/menit
Suhu : 36,5 ºC
Pernafasan : 26 x/menit
Ukuran :
Tinggi badan : 179 cm
Berat badan : 62 Kg
Kondisi Fisik :
Klien tidak mengeluh sakit apa – apa, tidak ada kelainan fisik.
PSIKOSOSIAL
Genogram
Ket :
: Laki - laki : Klien
: Perempuan : Meninggal
: Tinggal serumah
Konsep Diri
Citra Tubuh : Klien mengatakan bagian tubuh yang paling disukai adalah mata karena bisa melihat.
Identitas : Klien mengatakan anak ke-2 dari 3 bersaudara.
Peran : Klien mengatakan di dalam keluarganya atau dirumah sebagai anak.
Ideal diri : Klien mengatakan ingin cepat sembuh dan pulang, merasa bosan dan ingin bekerja lagi.
Harga diri : Klien mengatakan malu berhadapan langsung dengan orang lain selain ibu dan adiknya,klien merasa tidak pantas jika berada diantara orang lain, kurang interaksi sosial.
Masalah Keperawatan : harga diri rendah
Hubungan Sosial
Orang yang dekat dengan klien adalah ibu dan adiknya.
Peran serta kelompok / masyarakat : sebelum klien sakit sering mengikuti gotong royong didesanya.
Hambatan dalam hubungan dengan orang lain: selama klien rawat jalan / berobat jalan temannya berkurang karena klien malu berkomunikasi.
Masalah Kepeawatan : Menarik diri
Spiritual
Klien mengatakan jarang sholat dalam 5x sehari, jika sholat klien shabis sholat klien berdoa agar cepat sembuh.
STATUS MENTAL
Penampilan : Penampilan klien kurang rapi, rambut jarang disisir, klien menggunakan baju yang disediakan diRSJ.
Pembicaraan : Klien berbicara lambat tetapi dapat tercapai dan dapat dipahami.
Aktivitas Motorik : Klien labih banyak menunduk, aktivitas klien menyesuaikan.
Alam perasaan : Klien mengatakan bosan diRSJ ingin cepat sembuh dan pulang, klien sedih belum bisa bertemu ibu.
Afek : Klien tidak sesuai dalam berfikir, bicara klien lambat
Interaksi selama wawancara : Kontak mata kurang karena menunduk,sesekali klien menengadah,selalu menjawab jika ditanya.
Persepsi : Halusinasi saat pengkajian tidak ditemukan.
Pola Fikir : Tidak ada waham.
Tingkat kesadaran : Klien sadar hari, tanggal dan waktu saat pengkajian, hari jum’at tanggal 11 januari 2013 jam 16.30 WIB,hari berikutnya juga klien sadar hari sabtu tanggal 12 januari 2013.
Memori : Daya ingat jangka panjang klien masih ingat masa lalunya.
Tingkat konsentrasi dan berhitung : Klien berhitung lancar, contoh 20 – 15= 5
Kemampuan Penilaian : Klien mampu menilai antara masuk kamar setelah makan atau membiarkan kursi tidak rapi, klien memilih membereskan kursi.
Daya Tilik Diri : Klien tahu dan sadar bahwa dirinya dirumah sakit jiwa.
KEBUTUHAN PERSIAPAN PULANG
Makan
Klien makan 3x sehari, pagi, siang, sore, minum ± 6 gelas / hari, mandiri.
BAB / BAK
Klien BAB 1x sehari, BAK ± 4x sehari, mandiri.
Mandi
Klien mandi 2x sehari, pagi dan sore, gosok gigi setiap kali mandi, mandiri.
Berpakaian / berhias
Klien mampu berpakaian sendiri tanpa bantuan orang lain.
Istirahat dan Tidur
Klien lebih banyak tiduran, tidur siang 12.30 s⁄d15.00 WIB,tidur malam jam 20.00 s⁄d 04.30 WIB.
Penggunaan obat
Klien minum obat 3x sehari setelah makan. Haloperidol 2x5 mg, trihexiperidine 2x2 mg.
Pemeliharaan Kesehatan
Klien sudah pernah periksa diRSJD SOEDJARWADI KLATEN tetapi rawat jalan.
Kegiatan di Dalam Rumah
Klien dirumah membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah
MEKANISME KOPING
Klien mampu berbicara dengan orang lain,terlihat malu
Klien mampu menjaga kebersihan diri sendiri
Klien mampu jika ada masalah tidak menceritakan kepada orang lain,lebih suka diam.
Masalah Keperawatan : Koping Individu Tidak Efektif.
MASALAH PSIKOSOSIAL DAN LINGKUNGAN
Masalah berhubungan dengan lingkungan : Klien menarik diri dari lingkungan
Masalah dengan kesehatan (-)
Masalah dengan perumahan :Klien tinggal dengan kedua orang tua dan 2 saudaranya.
Masalah dengan Ekonomi : Kebutuhan klien dipenuhi oleh ibunya.
ASPEK MEDIK
Diagnosa Medis
Schizofrenia
Terapi
Haloperidol 2x5 mg
Trihexiperidine 2x2 mg
MASALAH KEPERAWATAN
Harga Diri Rendah
Menarik Diri
Koping Individu Tidak Efektif
POHON MASALAH
Menarik Diri _ _ _ _ ( Efek )
Harga Diri Rendah _ _ _ ( Core problem )
Koping Individu Tidak Efektif _ _ _ ( Causa / Penyebab )
DIAGNOSA KEPERAWATAN
Menarik Diri b⁄d Harga Diri Rendah
Harga Diri Rendah b⁄d Koping Individu Tidak Efektif
ANALISA DATA
No
Data Etiologi Problem
1. Ds :
Klien mengatakan sering menunduk, kurangnya interaksi sosial
Do “
Klien tampak menyendiri Harga diri Rendah Menarik Diri
2. Ds :
Klien mengatakan reman berkurang semenjak sakit
Klien malu dengan teman karena klien merasa tidak pantas diantara mereka
Do :
Klien tampak malu saat berbicara
Koping Individu Tidak Efektif Harga Diri Rendah
RENCANA KEPERAWATAN
Tgl.
Dx.Keperawatan Tujuan Kriteria Hasil Intervensi
14- 01-13 Menarik Diri berhubungan dengan harga Diri Rendah TUM
Klien dapat berhubungan dengan orang lain secara optimal.
TUK 1
Klien dapat membina hubungan saling percaya
Klien ekspresi wajah bersahabat.
Klien menunjukan rasa senang.
Klien mau kontak mata.
Klien mau berjabat tangan.
Klien mau membalas salam.
Klien mau duduk berdampingan.
dengan perawat.
Klien mau menyebut nama dan mau mengutaraka masalah yang dihadapi.
Beri salam / panggil nama
yang disukai
Jelaskan BHSP dengan komunikasi terapeutik
Memperkenalkan diri dengan sopan
Tanyakan nama lengkap dan panggilan tujuan
Jujur dan menepati janji
Tunjukan sikap empati dan menerima klien apa adanya
Lakukan kontak singkat tapi sering
TUK 2
Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki Klien mampu mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki
Aspek positif keluarga
Aspek positif lingkungan yang dimilii klien Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
Hindarkan dari penilaian yang negatif
Utamakan pemberian pujian yang realistik
TUK 3
Klien dapat menilai kemampuan yang dimiliki Klien mampu menilai kemampuan yang dimiliki selama sakit Diskusikan kemampuan yang dapat digunakan selama sakit
Diskusikan kemampuan yang dapat ditunjukan penggunaannya
TUK 4
Klien dapat menetapkan perencanaan kegiatan sesuai dengan kemampuannya Klien dapat membuat rencana kegiatan harian Rencanakan bersama klien aktifitas yang dapat dilakukan setiap hari
Kegiatan mandiri
Dibantu sebagian
Dengan bantuan total
Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien
Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang boleh klien lakukan
TUK 5
Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kondisi sakit dan kemampuannya Klien melakukan kegiatan yang sesuai dengankondisi sakit dan kemampuannya Berikesempatan klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan
Beri pujian atas keberhasilan klien
Diskusikan kemungkinan melaksanakan dirumah.
TUK 6
Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada Klien dapat memanfaatkan system pendukung dikeluarga secara optimal
Klien daoat memanfaatkan system pendukung dilingkungan sekitar. Beri pendidikan kesehatan cara perawatan klien dengan Harga Diri Rendah
Bantu keluarga menyiapkan lingkungan di rumah.
Harga Diri Rendah berhubungan dengan Koping Individu Tidak Efektif TUM
Klien dapat melakukan keputusan yang efektif untuk mengendalikan situasi kehidupan yang demikian menurunkan perasaan rendah diri
TUK 1
Klien dapat menbina hubungan terapeutik dengan perawat
Klien mampu duduk berdampingan dengan perawat
Klien mampu berbincang - bincang dengan perawat
Klien mampu merespon tindakan perawat
Lakukan pendekatan dengan baik, menerima klien apa adanya dan bersikap empati
Cepat mengendalikan perasaan dan reaksi perawatan diri sendiri misalnya rasa marah ,empati.
Sediakan waktu untuk berdiskusi dan bina hubungan yang sopan.
Berikan kesempatan kepada klien untuk merespon.
TUK 2
Klien dapat mengenali dan mengekspresikan emosinya Klien dapat mengungkapkan perasaannya
Klien mampu mengenali emosinya dan dapat mengekspresikannya Tunjukan emosional yang sesuai
Gunakan tekhnik komunikasi terapeutik terbuka,
Bantu klien mengekspresikan perasaannya
Bantu klien mengidentifikasikan situasi kehidupan yang tidak berada dalam kemampuan dan mengontrolnya
Dorong untuk menyatakan secara verbal perasaan – perasaan yang berhubungan dengan ketidak mampuannya.
TUK 3
Klien dapat memodifikasi pola kognitif yang negative Klien dapat mengidentifikasi pemikiran yang negatif
Klien dpat menurunkan penilaian yang negatifpada dirinya. Diskusikan masalah yang dihadapi klien dengan memintanya untuk menyimpulkannya
Identifikasi pemikiran negatif klien dan bantu untuk menurunkan melalui interupsi dan substitusi
Evaluasi ketetapan persepsi logika dan kesimpulan yang dibuat klien
Kurangi penilaian klien yang negatif terhadap dirinya
Bantu klien menerima nilai yang dimilikinya atau perilakunya atau perubahan yang terjadi pada dirinya.
TUK 4
Klien dapat berpartisipasi dalam mengambil keputusan yang berkenan dengan perawatan dirinya Klien mampu menentukan kebutuhan untuk perawatan pada dirinya
Klien dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan Libatkan klien dalam menetapkan tujuan yang ingin dicapai
Motivasi klien untuk membuat jadwal aktivitas perawatan dirinya
Berikan privasi sesuai kebutuhan yang ditentukan
Berikan reinsforcement posotif tentang pencapaian kegiatan yang telah sesuai dengan keputusan yang ditentukannya
IMPLEMENTASI DAN EVALUASI KEPERAWATAN
Tanggal / Jam No Implementasi Evaluasi
15 Januari 2013
Jam 12.30 1⁄1 Bina hubungan saling percaya dengan :
Menyapa klien dengan ramah
Memperkenalkan diri dengan sopan
Menanyakan nama lengkap serta alamat klien
Menunjukan sikap empati, jujur dan menempati janji
Menanyakan masalah yang dihadapi S :
Klien menjawab salam dan mengatakan selamat pagi,menyebutkan nama dan alamat
O :
Klien mau berjabat tangan
Klien mau duduk berdampingan dengan perawat
Klien mau mengutarakan masalahnya
A : SP 1 tercapai
Pp :
Lanjutkan SP 2 adakan kontrak waktu pertemuan berikutnya.
Pk :
Anjurkan klien untuk dapat menyapa perawat jika bertemu dan percaya jika perawat akan membantu masalah yang dihadapi
15 Januari 2013
Jam 15.30 Bina hubungan terapeutik dengan perawat dengan :
Pendekatan dengan baik ,menerima klien apa adanya
Mengidentifikasi perasaan dan reaksi perawatan diri sendiri
Menyediakan waktu untuk bina hubungan yang sopan
Menberikan kesempatan untuk merespon S :
Klien mau duduk berdampingan dengan perawat
O :
Klien mampu berbincang – bincang dengan perawat
Klien mampu merespon tindakan perawat.
A : SP 2 tercapai
Pp :
Lanjutkan SP 3 adakan kontrak waktu pertemuan berikutnya.
Pk :
Anjurkan klien mampu berkomunikasi,mampu memulai berbicara dan tidak janggung.
16 Januari 2013
Jam 17.00 Mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki dengan :
Membantu mengidentifikasi dengan aspek yang positif
Mendorong agar berpenilaian positif
Membantu mengungkapkan perasaannya S :
Klien mengatakan cara penilaian positif tidak boleh berfikir jelek terhadap orang lain,sopan santun dan ramah yang diutamakan.
O :
Klien dapat mengungkapkan perasaannya
A : SP 3 teratasi sebagian
Pp :
lanjutkan SP 1 keluarga
Pk :
Anjurkan klien untuk mempertahankan hubungan saling percaya berinteraksi secara terarah.
BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN
Setelah penulis melakukan pengkajian dan perawatan pada Tn. Y dengan gangguan konsep diri : harga diri rendah di Ruang perkasa Rumah Sakit Jiwa Daerah Klaten selama 2 minggu penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dalam malakukan perawatan jiwa sangat penting sekali membina hubungan saling percaya dan juga membutuhkan kolaborasi yang baik dengan tenaga medis (dokter dan perawata), keluarga dan juga lingkungan (tetangga dan masarakat) terapeutik, agar semua maksud dan tujuan klien dirawat maupun perawat yang merawat tercapai.
SARAN
Klien
Libatkan klien dalam aktivitas positif
Minum obat secara rutin dengan prinsip 5B
Memahami aspek positif dan kemampuan yang dimilikinya
Berlatih untuk berinteraksi dengan orang lain
Keluarga
Mau dan mampu berperan serta dalam pemusatan kemajuan klien
Membantu klien dalam pemenuhan aktivitas positif
Menerima klien apa adanya
Hindari pemberian penilaian negatif
Perawat
Lebih mengingatkan terapi theraupetik terhadap klien
Menyarankan keluarga untuk menyiapkan lingkungan dirumah
Meningkatkan pemenuhan kebutuhan dan perawatan klien
Memberi reinforcement
DAFTAR PUSATAKA
Stuart, G.W. dan Sudeen, S.J. (1995). “Principles And Practice Of Psychiatric Nursing”. (6th ed). St. Louis : Mosby year book
Town send, M.C. (1998). “Diagnosa Keperawatan Psikiatri : Pedoman untuk pembuatan rencana keperawatan”. Jakarta : EGC (terjemahan).
KLATEN
Disusun dan Diajukan untuk Memenuhi Tugas Individu
Mata Kuliah Praktik Keperawatan Jiwa
Dosen Pembimbing:
Ahmad zakiudin, S.KM
Disusun Oleh:
OCTRI DIAN ALFIYANA
NIM: 011.031
AKADEMI KEPERAWATAN AL HIKMAH 02
BENDA SIRAMPOG BREBES
2013
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan praktik keperawatan klinik jiwa dengan judul “Asuhan Keperawatan Pada Tn. Y Dengan Gangguan Konsep Diri : Harga Diri Rendah di Ruang Perkasa RSJD DR. RM SOEDJARWADI” pada tanggal 11 Januari 2013
Telah mendapat persetujuan dan disahkan oleh pembimbing, pada :
Hari : Jum’at
Tanggal : 18 januari 2013
Mengetahui,
Pembimbing Klinik Pembimbing Akademik
Purnomo, S.Kep Ahmad Zakiudin, S.KM
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang memberi banyak kenikmatan, rahmat serta karunia sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Asuhan Keperawatan Pada Tn. Y dengan Gangguan Konsep Diri : Harga Diri Rendah di Ruang Perkasa Rumah Sakit Jiwa Daerah DR. RM SOEDJARWADI KLATEN”.
Ungkapan terimakasih penulis sampaikan, kepada :
K.H.Sholahudin Masruri, S.Pd.I selaku pengasuh Pon Pes Al Hikmah 2,
Purnomo, S. Kep, selaku pembimbing klinik
Seluruh perawat di RSJD Klaten
Direktur Akper Al Hikmah 02
Dosen Pembimbing Akademik
Ibu, Bapak, serta seluruh keluarga yang telah memberi motifasi
Teman baru dan teman-teman senasib yang telah memberi semangat
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan, untuk itu saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan selalu dinantikan. Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dengan segala kesederhanaannya dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Benda, 21 Januari 2013
Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Tujuan Penulisan
Metode Penulisan
BAB II : LAPORAN PENDAHULUAN
Masalah Utama
Proses Terjadinya Masalah
Pohon Masalah
Masalah Keperawatan
Diagnosa Keperawatan
Rencana Tindakan Keperawatan
BAB III : TINJAUAN KASUS
Pengkajian
Keluhan Utama
Alasan Masuk
Faktor Predisposisi
Pemeriksaan Fisik
Psikososial
Status Mental
Kebutuhan Persiapan Pulang
Mekanisme Koping
Masalah Psikososial Dan lingkungan
Aspek Medik
Masalah Keperawatan
Pohon Masalah
Diagnosa Keperawatan
Analis Data
Rencana Keperawatan
Implementasi Dan Evaluasi Keperawatan
BAB IV : PENUTUP
Kesimpulan
Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Kesehatan jiwa merupakan suatu kebutuhan tiap individu yang sangat penting. Oleh karena itu kesehatan jiwa harus juga diperhatikan. Selain hal ini merupakan peran petugas kesehatan, tetapi merupakan hal yang menuntut adanya keselarasan dan kerja sama dari berbagai pihak selain individu itu sendiri, keluarga maupun lingkungan.
Dari berbagai masalah kesehatan jiwa, gangguan konsep diri dengan harga diri rendah banyak mengiringi penyakit-penyakit gangguan jiwa. Bila hal ini terjadi, terkadang dapat menimbulkan dampak yang buruk pada diri pasien sendiri maupun orang lain di sekitarnya. Oleh karena itu kami mencoba untuk melakukan Asuhan Keperawatan Pada Tn. Y Dengan Gangguan Konsep Diri : Harga Diri Rendah agar mengalami perubahan yang di harapkan
TUJUAN PENULISAN
Tujuan khusus
Tujuan utama dari penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas individu mata kuliah Keperawatan jiwa
Tujuan umum
Menerapkan teori dan lebih menekankan dalam mempraktekan proses keperawatan yang terdiri dari pengkajian, perencanaan, tindakan dan evaluasi
Dapat mengetahui cara merawat klien dengan isolasi sosial
METODE PENULISAN
Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah
Wawancara : Dilakukan pada pada klien, keluarga klien dan perawat ruangan
Observasi : Pengamatan pasien selama proses keperawatan
Perpustakaan : Catatan medis dan mata kuliah keperawatan jiwa
BAB II
KONSEP DASAR
MASALAH UTAMA
Gangguan konsep diri : Harga Diri Rendah
PROSES TERJADINYA MASALAH
Pengertian
Haraga diri adalah penilaian individu tentang nilai personal yang diperoleh dengan menganalisa seberapa baik perilaku seseorang sesuai dengan diri sendiri tanpa syarat, walaupun melakukan kesalahan, kekalahan dan kegagalan, tetap merasa sebagai seseorang yang penting dan berharga.
Harga diri rendah adalah evaluasi diri dan perasaan tentang diri sendiri atau kemampuan diri yangnegatif yang dapat secara langsung atau tidak langsung diekspresikan. (Towsend, 1998).
Harga diri rendah adalah menolak dirinya sebagai sesuatu yang berharga dan tidak dapat bertanggung jawab atas kehidupan sendiri, gagal menyesuaikan tingkah laku dancita – cita. (Fk.UNDIP , 2001 )
Kesimpulan harga diri rendah adalah perasaan negatif terhadap diri sendiri, hilang percayaan diri, harga diri serta menolak dirinya. Tidak dapat bertanggung jawab atas kehidupan sendiri serta gagal dalam menyesuaikan tingkah laku dan cita-cita.
Tanda-tanda klien dengan harga diri rendah adalah :
Perasaan malu terhadap diri sendiri adalah akibat penyakit dan akibat tindakan terhadap penyakit.
Rasa bersalah terhadap diri sendiri
Merendahkan martabat
Gangguan hubungan sosial seperti menarik diri
Percaya diri kurang
Menciderai diri
(Stuart dan Sudden ; 1998, hal 230)
Faktor-faktor
Faktor predisposisi
Penolakan orang tua
Harapan orang tua yang tidak realistis
Kegagalan yang berulang kali
Kurang mempunyai tanggung jawab personal
Ketergantungan kepada orang lain
Ideal diri tidak realistis
Faktor presipitasi
Citra tubuh yang tidak sesuai
Keluhan fisik
Ketegangan peran yang dirasakan
Perasaan tidak mampu
Penolakan terhadap kemampuan personal
Perasaan negatif mengenai tubuhnya sendiri
POHON MASALAH
Isolasi Sosial = Menarik diri
MASALAH KEPERAWATAN
Isolasi Sosial : Menarik diri
Data :
Apatis (acuh terhadap lingkungan)
Komunikasi verbal menurun atau tidak ada. Klien tidak bercakap-cakap dengan klien lain atau perawat
Mengisolasi diri (menyendiri)
Tidak atau kurang sadar dengan linkungan sekitarnya
Menolak hubungan dengan orang lain
Aktifitas menurun
Harga diri rendah
Gangguan konsep diri : Harga diri rendah
Data :
Malu terhadap diri sendiri akibat penyakit
Rasa bersalah terhadap diri sendiri
Merendahkan martabat
Gangguan hubungan sosial : menarik diri
Percaya diri kurang
Menciderai diri
DIAGNOSA KEPERAWATAN
Isolasi sosial : Menarik diri berhubungan dengan harga diri rendah
Gangguan konsep diri : Harga diri rendah berhubungan dengan koping individu tidak efektif
RENCANA KEPERAWATAN
Isolasi sosial : Menarik diri berhubungan dengan harga diri rendah
Tujuan umum
Klien tidak menarik diri dan mampu berhubungan dengan orang lain secara optimal
Tujuan khusus
TUK 1 : Klien dapat membina hubungan saling percaya
Kriteria hasil
Ekspresi wajah bersahabat, tidak acuh, ada kontak mata, mau berjabat tangan, mau menyebutkan nama, mau bercakap-cakap dan mengutarakan masalah yang dihadapi
Intervensi
Bina hubungan saling percaya dengan mengungkapkan prinsip hubungan therapeutik
Sapa klien dengan ramah baik verbal maupun non verbal
Perkenalkan diri dengan sopan
Tanyakan nama lengkap klien dan nama panggialan yang disukai klien
Jelaskan tujuan pertemuan
Jujur dan menepati janji
Selalu kontak mata selama interaksi
Tunjukan sikap empati dan penuh perhatian pada klien
TUK 2 : Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
Kriteria hasil
Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
Intervensi
Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki klien
Bantu klien mengekspresikan dan menggambarkan perasaan serta pikirannya
Tekankan bahwa kekuatan untuk berubah tergantung pada klien sendiri
Identifikasi stresor yang relevan dan penilaian klien terhadap stresor tersebut
Dukung kekuatan, ketrampilan dan respon koping yang efektif
Utamakan memberi pujian therapeutik
Tingkatkan keterlibatan keluarga dan kelompok untuk memberikan dukungan untuk mempertahankan kemajuan dan perkembangan klien
TUK 3 : Klien dapat menilai kemampuan yang digunakan
Kriteria hasil
Klien menilaim kemampuan yang digunakan
Intervensi
Diskusikan dengan klien kemampuan yang masih dapat digunakan
Dukung kekuatan, ketrampilan dan respon koping yang adaptif
Utamakan memberi pujian therapeutik
Libatkan keluarga dalam perawatan klien
TUK 4 : Klien dapat merencanakan kegiatan harian
Dukung klien untuk merencanakan kegiatan harian
Rencanakan kegiatan bersama klien, aktivitas yang dapat dilakukan setiap hari sesuai kemampuan (kegiatan sendiri, kegiatan dengan bantuan sebagian, kegiatan dengan bantuan total)
Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien
Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang boleh dilakukan
Libatkan keluarga dalam perawatan klien
TUK 5 : Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kondisi dan kemampuannya
Kriteria hasil
Klien melakukan kegiatan sesuai dengan kondisi dan kemampuannya
Intervensi
Beri kesempatan pada klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan
Beri pujian atas keberhasilan klien
Beri dukungan yang sesuai dan positif untuk mempertahankan kemajuan dan pertumbuhannya
Libatkan keluarga dalam perawatan klien
TUK 6 : Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada
Kriteria hasil
Klien memanfaatkan sistem pendukung yang ada
Intervensi
Berikan pendidikan kesehatan kepada keluarga tentang cara merawat klien dengan harga diri rendah
Bantu keluarga memberi dukungan selama klien dirawat
Bantu keluarga menyiapkan lingkungan di rumah sesuai dengan keadaan klien
STRATEGI PELAKSANAAN KEPERAWATAN
Pertemuan : Ke-I (satu)
Mendiskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki pasien, membantu pasien menilai kemampuan yang masih dapat digunakan membantu pasien memilih atau menetapkan kemampuan yang akan dilatih, melatih kemampuan yang telah dipilih dan menyusun jadwal pelaksanaan kemampuan yang telah dilatih dalam rencana harian.
Orientasi :
- Salam terapeutik : “Assalamu’alaikum,
- Validasi : bagaimana keadaan Tn. Y, hari ini? Tn. terlihat segar ”
- Kontrak :
Topik :“Bagaimana, kalau kita bercakap-cakap tentang bagaimana cara membina hubungan saling percaya? Tn. Bisa menyebutkannya.?nanti setelah itu kita lakukan bersama.”
Tempat :“Tn. mau kita bicara dimana? Bagaimana kalau di ruang tamu? Berapa lama?
Waktu : “ Bagaimana kalau 15 menit?
Kerja :
“Tn. Y, apa saja cara membina hubungan saling percaya Tn.? Bagus, apa lagi? Apa saja yang Tn. Lakukan selain itu yang biasa Tn. lakukan? Bagaimana dengan berjabat tangan? Menanyakan nama? Menanyakan alamat……..dst.”. “Wah, bagus sekali ada lima cara untuk membina hubungan saling percaya yang Tn. lakukan.”
“Tn. Y, dari lima cara ini, yang mana yang Tn. bisa lakukan di rumah sakit? Coba kita lihat, yang pertama bisakah, yang kedua……sampai yang kelima (misalnya masih tiga yang masih bisa dilakukan). Bagus sekali masih ada tiga cara yang masih bisa lakukan di rumah sakit ini.
“Sekarang, coba Tn. Y pilih satu cara yang bisa dilakukan di rumah sakit ini”. “O, ya nomor satu,berjabat tangan? Kalau begitu, bagaimana kalau sekarang kita berlatih berjabat tangan Tn.”. Mari kita lakukan dengan saya Tn. Y. coba, sudah bisa kan berjabat tangan / memperkenalkan diri?”
“Nah kalau kita mau berjabat tangan, mari kita dekati orang yang ingin Tn. ingin berjabat tangan dan memperkenalkan diri. Bagus! Sekarang duduk berdampingan, ya Bagus! Nah sekarang kita ucap salam, ya Bagus! Sekarang kita sebut nama dan alamat. ya bagus!.”
“Tn. Y sudah bisa berjabat tangan dan memperkenalkan diri dengan baik sekali. Sekarang bedakan dengan sebelum Tn. mengenalinya? Bagus!”
Terminasi :
Evaluasi Subjektif
“Bagaimana perasaan Tn. Y setelah bercakap-cakap dan berjabat tangan / memperkenalkan diri? Yah, Tn. ternyata banyak yang dapat dilakukan di rumah sakit ini. Salah satuny memperkenalkan diri, yang sudah Tn. praktekan dengan sekali.
Evaluasi Objektif
“Klien mampu duduk berdampingan,menjawab salam, danmenyebutkan nama.”
Rencana tindakan lanjut
”Bagaimana kalau kegiatan itu Tn. lakukan selama disini dan nanti kegiatan tersebut tetap Tn. lakukan dirumah, kalau begitu kita buat jadwalnya saja ya Tn?biar Tn. tidak lupa.
Kontrak
Topik : “Besok kita akan membicarakan tentang kemampuan dan aspek positif yang Tn. miliki.
Tempat : “Tn mau kita berbincang – bincang dimana.?
Waktu : “Mau berapa lama Tn.?”bagaimana kalu 15 menit?setuju?“ sampai jumpa ya”
STRATEGI PELAKSANAAN KEPERAWATAN
Pertemuan : Ke-2 (Dua)
Melatih pasien melakukan kegiatan lain yang sesuai dengan kemampuan pasien
Orientasi :
Salam theraupetik : “Assalammua’alaikum,
Validasi :“ Bagaimana perasaan Tn. Y pagi ini? Apakah masih ingat tentang apa yang kita lakukan kemarin?Bagus! Coba diulang lagi? Bagus sekali!
Kontrak :
Topik :“Sekarang kita akan lakukan kegiatan kedua. Masih ingat apa kegiatan itu Tn?”
“Ya banar, kita akan membicarakan kemampuan dan aspek positif yang Tn. miliki.”
Tempat :“Bagaimana kalau kita bicara ditaman?.”
Waktu :“Bagaimana kalu 15 menit?.”
Kerja :
“Tn. Y, tadi telah mengungkapkan hal hal yang dapat Tn. lakukan?, masih ada yang lain? Sekarang kita coba pilih kemampuan bapak yang dapat Tn. lakukan disini.”.
Terminasi :
- Validasi Subjekti :
“Bagaimana perasaan Tn. setelah tahu dan mencoba kegiatan yang dapat Tn. lakukan disini? Bagus!”
- Validasi Objektif :
“Klien sudah mampu melakukan beberpa aspek positif yang dimiliki”
- Rencana tindakan lanjut :
“Saya harap Tn. mau mencoba melakukan kegiatan selama disini.”
- Kontrak :
Topik :“Tn. pertemuan ini sampai disini dulu, besok kita mengobrol lagi dengan keluarga apabila datang.”
Tempat : “Bagaimana kalau diruang tamu saja?”
Waktu :“Biasanya keluarga Tn. jenguk jam berapa? Baiklah kita diskusikan nanti ya. Sampai jumpa.”
BAB III
TINJAUAN KASUS
ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. Y DENGAN GANGGUAN HARGA DIRI RENDAH DI RUANG PERKASA RUMAH SAKIT JIWA DR. SOEDJARWADI
DAERAH KLATEN
Tanggal Pengkajian : 11 Januari 2013
Tanggal Masuk : 05 November 2012
Ruang : Perkasa
PENGKAJIAN
Identitas Klien
Nama : Tn. Y
Umur : 31 Tahun
Alamat : Klaten
Status Perkawinan : Belum Menikah
Agama : Islam
Suku/Bangsa : Jawa / Indonesia
Pendidika : SMP
Pekerjaan : Petani
No. CM : 01xxxx
Penanggung Jawab
Nama : Ny. P
Hubungan dengan Klien : Ibu Kandung
Alamat : Klaten
KELUHAN UTAMA
Klien mengatakan disuruh ibunya untuk melanjutkan berobat, sering menyendiri dikamar, bicara sedikit, sulit komunikasi.
ALASAN MASUK
2 bulan sebelum masuk RSJ klien sering menyendiri, membakar barang, bicara sedikit, sulit kominikasi, bicara sendiri dan sulit tidur.
FAKTOR PREDISPOSISI
Klien pernah mengalami gangguan jiwa ±3 tahun yang lalu, pernah rawat jalan di RSJD.SOEDJARWADI KLATEN.
Kontrol tidak rutin, pengobatan kurang berhasil
Klien mengatakan bahwa didalam keluarganya tidak ada anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa.
Klien mempunyai pengalaman masalalu yang tidak menyenangkan yaitu ia jatuh dari sepeda.
PEMERIKSAAN FISIK
Tanda – tanda vital :
Tekanan darah : 130/80 mmHg
Nadi : 84 x/menit
Suhu : 36,5 ºC
Pernafasan : 26 x/menit
Ukuran :
Tinggi badan : 179 cm
Berat badan : 62 Kg
Kondisi Fisik :
Klien tidak mengeluh sakit apa – apa, tidak ada kelainan fisik.
PSIKOSOSIAL
Genogram
Ket :
: Laki - laki : Klien
: Perempuan : Meninggal
: Tinggal serumah
Konsep Diri
Citra Tubuh : Klien mengatakan bagian tubuh yang paling disukai adalah mata karena bisa melihat.
Identitas : Klien mengatakan anak ke-2 dari 3 bersaudara.
Peran : Klien mengatakan di dalam keluarganya atau dirumah sebagai anak.
Ideal diri : Klien mengatakan ingin cepat sembuh dan pulang, merasa bosan dan ingin bekerja lagi.
Harga diri : Klien mengatakan malu berhadapan langsung dengan orang lain selain ibu dan adiknya,klien merasa tidak pantas jika berada diantara orang lain, kurang interaksi sosial.
Masalah Keperawatan : harga diri rendah
Hubungan Sosial
Orang yang dekat dengan klien adalah ibu dan adiknya.
Peran serta kelompok / masyarakat : sebelum klien sakit sering mengikuti gotong royong didesanya.
Hambatan dalam hubungan dengan orang lain: selama klien rawat jalan / berobat jalan temannya berkurang karena klien malu berkomunikasi.
Masalah Kepeawatan : Menarik diri
Spiritual
Klien mengatakan jarang sholat dalam 5x sehari, jika sholat klien shabis sholat klien berdoa agar cepat sembuh.
STATUS MENTAL
Penampilan : Penampilan klien kurang rapi, rambut jarang disisir, klien menggunakan baju yang disediakan diRSJ.
Pembicaraan : Klien berbicara lambat tetapi dapat tercapai dan dapat dipahami.
Aktivitas Motorik : Klien labih banyak menunduk, aktivitas klien menyesuaikan.
Alam perasaan : Klien mengatakan bosan diRSJ ingin cepat sembuh dan pulang, klien sedih belum bisa bertemu ibu.
Afek : Klien tidak sesuai dalam berfikir, bicara klien lambat
Interaksi selama wawancara : Kontak mata kurang karena menunduk,sesekali klien menengadah,selalu menjawab jika ditanya.
Persepsi : Halusinasi saat pengkajian tidak ditemukan.
Pola Fikir : Tidak ada waham.
Tingkat kesadaran : Klien sadar hari, tanggal dan waktu saat pengkajian, hari jum’at tanggal 11 januari 2013 jam 16.30 WIB,hari berikutnya juga klien sadar hari sabtu tanggal 12 januari 2013.
Memori : Daya ingat jangka panjang klien masih ingat masa lalunya.
Tingkat konsentrasi dan berhitung : Klien berhitung lancar, contoh 20 – 15= 5
Kemampuan Penilaian : Klien mampu menilai antara masuk kamar setelah makan atau membiarkan kursi tidak rapi, klien memilih membereskan kursi.
Daya Tilik Diri : Klien tahu dan sadar bahwa dirinya dirumah sakit jiwa.
KEBUTUHAN PERSIAPAN PULANG
Makan
Klien makan 3x sehari, pagi, siang, sore, minum ± 6 gelas / hari, mandiri.
BAB / BAK
Klien BAB 1x sehari, BAK ± 4x sehari, mandiri.
Mandi
Klien mandi 2x sehari, pagi dan sore, gosok gigi setiap kali mandi, mandiri.
Berpakaian / berhias
Klien mampu berpakaian sendiri tanpa bantuan orang lain.
Istirahat dan Tidur
Klien lebih banyak tiduran, tidur siang 12.30 s⁄d15.00 WIB,tidur malam jam 20.00 s⁄d 04.30 WIB.
Penggunaan obat
Klien minum obat 3x sehari setelah makan. Haloperidol 2x5 mg, trihexiperidine 2x2 mg.
Pemeliharaan Kesehatan
Klien sudah pernah periksa diRSJD SOEDJARWADI KLATEN tetapi rawat jalan.
Kegiatan di Dalam Rumah
Klien dirumah membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah
MEKANISME KOPING
Klien mampu berbicara dengan orang lain,terlihat malu
Klien mampu menjaga kebersihan diri sendiri
Klien mampu jika ada masalah tidak menceritakan kepada orang lain,lebih suka diam.
Masalah Keperawatan : Koping Individu Tidak Efektif.
MASALAH PSIKOSOSIAL DAN LINGKUNGAN
Masalah berhubungan dengan lingkungan : Klien menarik diri dari lingkungan
Masalah dengan kesehatan (-)
Masalah dengan perumahan :Klien tinggal dengan kedua orang tua dan 2 saudaranya.
Masalah dengan Ekonomi : Kebutuhan klien dipenuhi oleh ibunya.
ASPEK MEDIK
Diagnosa Medis
Schizofrenia
Terapi
Haloperidol 2x5 mg
Trihexiperidine 2x2 mg
MASALAH KEPERAWATAN
Harga Diri Rendah
Menarik Diri
Koping Individu Tidak Efektif
POHON MASALAH
Menarik Diri _ _ _ _ ( Efek )
Harga Diri Rendah _ _ _ ( Core problem )
Koping Individu Tidak Efektif _ _ _ ( Causa / Penyebab )
DIAGNOSA KEPERAWATAN
Menarik Diri b⁄d Harga Diri Rendah
Harga Diri Rendah b⁄d Koping Individu Tidak Efektif
ANALISA DATA
No
Data Etiologi Problem
1. Ds :
Klien mengatakan sering menunduk, kurangnya interaksi sosial
Do “
Klien tampak menyendiri Harga diri Rendah Menarik Diri
2. Ds :
Klien mengatakan reman berkurang semenjak sakit
Klien malu dengan teman karena klien merasa tidak pantas diantara mereka
Do :
Klien tampak malu saat berbicara
Koping Individu Tidak Efektif Harga Diri Rendah
RENCANA KEPERAWATAN
Tgl.
Dx.Keperawatan Tujuan Kriteria Hasil Intervensi
14- 01-13 Menarik Diri berhubungan dengan harga Diri Rendah TUM
Klien dapat berhubungan dengan orang lain secara optimal.
TUK 1
Klien dapat membina hubungan saling percaya
Klien ekspresi wajah bersahabat.
Klien menunjukan rasa senang.
Klien mau kontak mata.
Klien mau berjabat tangan.
Klien mau membalas salam.
Klien mau duduk berdampingan.
dengan perawat.
Klien mau menyebut nama dan mau mengutaraka masalah yang dihadapi.
Beri salam / panggil nama
yang disukai
Jelaskan BHSP dengan komunikasi terapeutik
Memperkenalkan diri dengan sopan
Tanyakan nama lengkap dan panggilan tujuan
Jujur dan menepati janji
Tunjukan sikap empati dan menerima klien apa adanya
Lakukan kontak singkat tapi sering
TUK 2
Klien dapat mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki Klien mampu mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki
Aspek positif keluarga
Aspek positif lingkungan yang dimilii klien Diskusikan kemampuan dan aspek positif yang dimiliki
Hindarkan dari penilaian yang negatif
Utamakan pemberian pujian yang realistik
TUK 3
Klien dapat menilai kemampuan yang dimiliki Klien mampu menilai kemampuan yang dimiliki selama sakit Diskusikan kemampuan yang dapat digunakan selama sakit
Diskusikan kemampuan yang dapat ditunjukan penggunaannya
TUK 4
Klien dapat menetapkan perencanaan kegiatan sesuai dengan kemampuannya Klien dapat membuat rencana kegiatan harian Rencanakan bersama klien aktifitas yang dapat dilakukan setiap hari
Kegiatan mandiri
Dibantu sebagian
Dengan bantuan total
Tingkatkan kegiatan sesuai dengan toleransi kondisi klien
Beri contoh cara pelaksanaan kegiatan yang boleh klien lakukan
TUK 5
Klien dapat melakukan kegiatan sesuai kondisi sakit dan kemampuannya Klien melakukan kegiatan yang sesuai dengankondisi sakit dan kemampuannya Berikesempatan klien untuk mencoba kegiatan yang telah direncanakan
Beri pujian atas keberhasilan klien
Diskusikan kemungkinan melaksanakan dirumah.
TUK 6
Klien dapat memanfaatkan sistem pendukung yang ada Klien dapat memanfaatkan system pendukung dikeluarga secara optimal
Klien daoat memanfaatkan system pendukung dilingkungan sekitar. Beri pendidikan kesehatan cara perawatan klien dengan Harga Diri Rendah
Bantu keluarga menyiapkan lingkungan di rumah.
Harga Diri Rendah berhubungan dengan Koping Individu Tidak Efektif TUM
Klien dapat melakukan keputusan yang efektif untuk mengendalikan situasi kehidupan yang demikian menurunkan perasaan rendah diri
TUK 1
Klien dapat menbina hubungan terapeutik dengan perawat
Klien mampu duduk berdampingan dengan perawat
Klien mampu berbincang - bincang dengan perawat
Klien mampu merespon tindakan perawat
Lakukan pendekatan dengan baik, menerima klien apa adanya dan bersikap empati
Cepat mengendalikan perasaan dan reaksi perawatan diri sendiri misalnya rasa marah ,empati.
Sediakan waktu untuk berdiskusi dan bina hubungan yang sopan.
Berikan kesempatan kepada klien untuk merespon.
TUK 2
Klien dapat mengenali dan mengekspresikan emosinya Klien dapat mengungkapkan perasaannya
Klien mampu mengenali emosinya dan dapat mengekspresikannya Tunjukan emosional yang sesuai
Gunakan tekhnik komunikasi terapeutik terbuka,
Bantu klien mengekspresikan perasaannya
Bantu klien mengidentifikasikan situasi kehidupan yang tidak berada dalam kemampuan dan mengontrolnya
Dorong untuk menyatakan secara verbal perasaan – perasaan yang berhubungan dengan ketidak mampuannya.
TUK 3
Klien dapat memodifikasi pola kognitif yang negative Klien dapat mengidentifikasi pemikiran yang negatif
Klien dpat menurunkan penilaian yang negatifpada dirinya. Diskusikan masalah yang dihadapi klien dengan memintanya untuk menyimpulkannya
Identifikasi pemikiran negatif klien dan bantu untuk menurunkan melalui interupsi dan substitusi
Evaluasi ketetapan persepsi logika dan kesimpulan yang dibuat klien
Kurangi penilaian klien yang negatif terhadap dirinya
Bantu klien menerima nilai yang dimilikinya atau perilakunya atau perubahan yang terjadi pada dirinya.
TUK 4
Klien dapat berpartisipasi dalam mengambil keputusan yang berkenan dengan perawatan dirinya Klien mampu menentukan kebutuhan untuk perawatan pada dirinya
Klien dapat berpartisipasi dalam pengambilan keputusan Libatkan klien dalam menetapkan tujuan yang ingin dicapai
Motivasi klien untuk membuat jadwal aktivitas perawatan dirinya
Berikan privasi sesuai kebutuhan yang ditentukan
Berikan reinsforcement posotif tentang pencapaian kegiatan yang telah sesuai dengan keputusan yang ditentukannya
IMPLEMENTASI DAN EVALUASI KEPERAWATAN
Tanggal / Jam No Implementasi Evaluasi
15 Januari 2013
Jam 12.30 1⁄1 Bina hubungan saling percaya dengan :
Menyapa klien dengan ramah
Memperkenalkan diri dengan sopan
Menanyakan nama lengkap serta alamat klien
Menunjukan sikap empati, jujur dan menempati janji
Menanyakan masalah yang dihadapi S :
Klien menjawab salam dan mengatakan selamat pagi,menyebutkan nama dan alamat
O :
Klien mau berjabat tangan
Klien mau duduk berdampingan dengan perawat
Klien mau mengutarakan masalahnya
A : SP 1 tercapai
Pp :
Lanjutkan SP 2 adakan kontrak waktu pertemuan berikutnya.
Pk :
Anjurkan klien untuk dapat menyapa perawat jika bertemu dan percaya jika perawat akan membantu masalah yang dihadapi
15 Januari 2013
Jam 15.30 Bina hubungan terapeutik dengan perawat dengan :
Pendekatan dengan baik ,menerima klien apa adanya
Mengidentifikasi perasaan dan reaksi perawatan diri sendiri
Menyediakan waktu untuk bina hubungan yang sopan
Menberikan kesempatan untuk merespon S :
Klien mau duduk berdampingan dengan perawat
O :
Klien mampu berbincang – bincang dengan perawat
Klien mampu merespon tindakan perawat.
A : SP 2 tercapai
Pp :
Lanjutkan SP 3 adakan kontrak waktu pertemuan berikutnya.
Pk :
Anjurkan klien mampu berkomunikasi,mampu memulai berbicara dan tidak janggung.
16 Januari 2013
Jam 17.00 Mengidentifikasi kemampuan dan aspek positif yang dimiliki dengan :
Membantu mengidentifikasi dengan aspek yang positif
Mendorong agar berpenilaian positif
Membantu mengungkapkan perasaannya S :
Klien mengatakan cara penilaian positif tidak boleh berfikir jelek terhadap orang lain,sopan santun dan ramah yang diutamakan.
O :
Klien dapat mengungkapkan perasaannya
A : SP 3 teratasi sebagian
Pp :
lanjutkan SP 1 keluarga
Pk :
Anjurkan klien untuk mempertahankan hubungan saling percaya berinteraksi secara terarah.
BAB IV
PENUTUP
KESIMPULAN
Setelah penulis melakukan pengkajian dan perawatan pada Tn. Y dengan gangguan konsep diri : harga diri rendah di Ruang perkasa Rumah Sakit Jiwa Daerah Klaten selama 2 minggu penulis dapat menarik kesimpulan bahwa dalam malakukan perawatan jiwa sangat penting sekali membina hubungan saling percaya dan juga membutuhkan kolaborasi yang baik dengan tenaga medis (dokter dan perawata), keluarga dan juga lingkungan (tetangga dan masarakat) terapeutik, agar semua maksud dan tujuan klien dirawat maupun perawat yang merawat tercapai.
SARAN
Klien
Libatkan klien dalam aktivitas positif
Minum obat secara rutin dengan prinsip 5B
Memahami aspek positif dan kemampuan yang dimilikinya
Berlatih untuk berinteraksi dengan orang lain
Keluarga
Mau dan mampu berperan serta dalam pemusatan kemajuan klien
Membantu klien dalam pemenuhan aktivitas positif
Menerima klien apa adanya
Hindari pemberian penilaian negatif
Perawat
Lebih mengingatkan terapi theraupetik terhadap klien
Menyarankan keluarga untuk menyiapkan lingkungan dirumah
Meningkatkan pemenuhan kebutuhan dan perawatan klien
Memberi reinforcement
DAFTAR PUSATAKA
Stuart, G.W. dan Sudeen, S.J. (1995). “Principles And Practice Of Psychiatric Nursing”. (6th ed). St. Louis : Mosby year book
Town send, M.C. (1998). “Diagnosa Keperawatan Psikiatri : Pedoman untuk pembuatan rencana keperawatan”. Jakarta : EGC (terjemahan).
No comments:
Post a Comment